Rabu, 05 Juli 2023

Jurnal 1 Identifikasi Masalah

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kelas Bunda Shalihah Batch 2 sudah di buka kembali, pernah mengikuti bunda shalihah 1 dan gagal karena tidak mengikuti laporan selebrasi, tapi tidak mengapa sekarang saatnya kembali untuk memulai dan tidak ada kata terlambat.

Tahap identifikasi masalah ini sangatlah penting, beberapa kali berpikir dan terlintas sekali banyak masalah yang bergelut di pikiran dan harus di tuntaskan untuk mendapatkan solusi.

Apa Masalah Saya ?

1. Beban Menjadi anak pertama

Point ini saya rasakan ketika sudah beranjak dewasa, merasa ini adalah masalah yang selalu berulang, saya adalah anak pertama dari 4 bersaudara, semuanya sudah dewasa dan mempunyai ego dan emosi masing-masing. Ketika dihadapkan dengan orangtua yang sudah renta dan menua, saling mengandalkan satu sama lain dan ternyata itu menjadi gesekan kesalah pahaman, dari segi pembagian keuangan, dan pembagian waktu, kata dewasa tidak dilihat dari usia melainkan dari pola pikir dan menahan emosi.

Menjadi anak pertama berarti harus menjadi garda terdepan jika ada masalah dengan orangtua, masalah kesehatan, keuangan, dll

2. Luka Masa Kecil

Sering disebut dengan istilah Innerchild, masa kecil adalah masa dimana memory baik dan buruk sangat tersimpan rapih di otak dan akan diputar kembali ketika kita besar, namun mungkin ada beberapa memory yang tidak tersimpan, sayangnya memory kejelekan justru yang terekam sangat jelas.

Seperti diperlakukan kurang menyenangkan oleh oknum guru, hanya karena siswanya tidak bisa, ini merupakan bullying fisik. Pengajaran jaman dulu memang keras namu siswanya tidak melawan, parahnya perlakuan tidak baik ini terekam diotak saya, sehingga menginginkan anak selalu menjadi yang terbaik.

3. Kurang Kasih Sayang Sosok Ibu

Mempunyai adik di usia 3 tahun mungkin ini sebab saya merasa kurang kasih sayang dari seorang ibu, perjodohan ibu dan ayah juga menjadi sumber kurangnya kasih sayang kepada anak pertamanya, seiring berjalannya waktu di tuntut juga harus menjaga adik adik yang masih kecil, karena orangtua harus pergi berhaji, dan ketika usia masih belia, harus ditinggalkan selama-lamanya dengan sosok ibu, sehingga ketika berumahtangga, saya merasa menjadi sosok yang kasar dan merasa kesepian ketika saat melahirkan tiba, sosok ibu sangat saya butuhkan, namun tidak saya dapatkan.

4. Anak kena bullying fisik

Ini baru terjadi dan mau tidak mau sebagai orangtua harus menghadapi permasalahan ujian ini, ingin rasanya melaporakan perilaku anak tersebut kepada orangtuanya, namun alangkah saya introvert yang tidak berani ini, kekesalan memudar seiring berjalannya waktu, namun saya ingin ini tidak terjadi kepada orang lain, karena menurut saya ini permasalahan yang sangat penting.

5. Mencari solusi untuk teman

Menjadi pendengar mungkin membuat teman-teman nyaman menceritakan permasalahan apapun, termasuk permasalahan dengan suaminya dan ibunya, sebenarnya untuk curhatnya tidak masalah, yang menjadi masalah terkadang tidak bisa memberikan solusi, dan ketika suasana hati sendiri pun butuh untuk didengarkan, dan ingin membuat materi untuk penyelesaian permasalahan dari teman-teman namun tidak tahu caranya bagaimana.

6. Realisasi Impian

Manusia hidup mempunyai impian, namun jika impian kita belum terealisasi atau realita tidak sesuai ekspektasi, rasanya hati hancur dan belum bisa menerima, ingin segera mewujudkan impian tersebut, menjadi masalah karena ingin mencari solusi.

Berikut di bawah ini adalah lampiran dari akar masalah, identifikasi masalah, analisa masalah, problem statemen.

#BundaShalihahBatch2

#KampusIbuPembaharu

#DariRumahUntukDunia





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perjalanan di titik ini

Sudah sampai di titik ini saja tidak menyangka, bertahan sejauh ini menjalani berbagai macam fenomena kehidupan, ujian silih berganti tetapi...